RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VII/Satu
Materi
Pokok : Aljabar
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit ( 1 x
Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
Kompetensi Inti 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
|
Kompetensi Inti 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilau
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secaa efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
Kompetensi Inti 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktuaal,
konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
Kompetensi Inti 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi
Dasar
3.6.
Menjelaskan bentuk aljabar dan unsur-unsurnya menggunakan masalah konstekstual
3.7.
Menjelaskan dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian).
4.6.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
4.7.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi pada bentuk aljabar
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Adapun indikator yang ingin dicapai
adalah :
3.6.1. Mengenal
bentuk aljabar.
3.6.2. Mengidentifikasi
unsur-unsur bentuk aljabar.
3.7.1. Menyelesaikan
operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
3.7.2. Menyelesaikan operasi perkalian bentuk aljabar
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah pertemuan berakhir, siswa
diharapkan mampu :
1. Mengenal
bentuk aljabar.
2. Mengidentifikasi
unsur-unsur bentuk aljabar.
3. Menyelesaikan
operasi penjumlahan dan pengurangan.
4. Menyelesaikan operasi perkalian bentuk aljabar
E.
Materi
Pembelajaran
Aljabar Dasar
atau aljabar elementer adalah salah satu jenis aljabar yang mempelajari sifat-sifat
yang terjadi pada operasi bilangan riil yang direkam dalam bentuk simbol untuk
menyatakan konstanta serta variabel. Secara umum, aljabar memiliki bentuk :
Aljabar terdiri
dari beberapa unsur diantaranya :
a. Variabel
Variabel dapat diartikan sebagai
lambang atau simbol yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan yang nilainya
belum diketahui dengan jelas. Variabel sering juga disebut sebagai peubah.
Variabel biasa disimbolkan dengan huruf
kecil a, b, c, d, e, f, g, ..., z. Sebagai contoh, pada persamaan (3x + 14 y)
variabelnya adalah x dan y.
b. Suku
Suku merupakan nilai yang menyusun
sebuah bentuk aljabar baik berupa variabel dengan koefisiennya dan juga
konstanta. Berikut adalah penjelasan macam-macam suku aljabar:
· Suku satu merupakan bentuk aljabar yang
tidak memiliki tanda operasi hitung atau selisih.
Contoh: 2x, 4c2, 3xy
· Suku dua merupakan bentuk aljabar yang
terhubung oleh adanya satu tanda operasi hitung atau selisih.
Contoh: x + y, 2a + 3c, 4x2-
y2
· Suku tiga merupakan bentuk aljabar yang
terhubung oleh adanya dua tanda operasi hitung atau selisih.
Contoh: 3x - 4y + z, 2a2
+ 3b + c
c. Konstanta
Konstanta adalah suku aljabar yang
bentuknya berupa sebuah bilangan yang bediri sendiri tanpa diikuti variabel.
Sebagai contoh pada persamaan (3x2 + 4y - z + 12) maka konstantanya
adalah 12.
Contoh
Soal :
1.
Sederhanakan
bentuk aljabar 4x + 9 – 5x – 2.
2.
Sederhanakan
bentuk aljabar 5x + y + 2x – 5y.
Alternatif
Penyelesaian :
1.
Kelompokkan
suku-suku sejenis
4x
+ 9 – 5x – 2 = 4x – 5x + 9 – 2 = (4 –
5)x + 7 = –1x + 7
–1x
selanjutnya boleh hanya ditulis dengan –x, demikian juga 1x boleh hanya ditulis
dengan x. Dengan demikian, bentuk sederhana dari 4x + 9 – 5x – 2 adalah –x + 7.
2.
Kelompokkan
suku-suku sejenis
5x
+ y + 2x – 5y = 5x + 2x + y – 5y = (5 + 2)x + (1 – 5)y
Jumlahkan
atau kurangkan koefisien suku-suku yang sejenis tersebut, sehingga menjadi:
5x
+ y + 2x – 5y = 7x – 4y
Operasi bentuk aljabar terdiri dari penjumlahan bentuk
aljabar, pengurangan bentuk aljabar, perkalian bentuk aljabar, pembagian bentuk
aljabar serta kombinasi diantaranya.
1.
Penjumlahan
dan pengurangan bentuk aljabar
Operasi
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar hanya dapat dilakukan pada suku yang
sejenis, dengan cara mengoperasikannya pada konstantanya.
Contoh
:
·
2x
+ 3x = 5x
·
3x
+ 5y = 3x + 5y à tidak dapat dijumlahkan karena bukan suku yang
sejenis
·
5x
- x = 4x à 1x bisa dituliskan sebagai x saja.
·
6x
- 3y = 6x - 3y à bukan suku sejenis
·
(2x
+ 3y) + (4x + 8y) = 6x + 11y
·
(5x
– 2y) - (3x - 9y) = 8x + 7y
2.
Perkalian
bentuk aljabar
Operasi
perkalian bilangan bulat menggunakan sifat distributif pada penjumlahan dan
pengurangan, yaitu a(b + c)= ab + ac , dan a(b – c) = ab – ac. Perkalian pada
aljabar dibedakan menjadi , yaitu :
a.
Perkalian
antara konstanta dengan bentuk aljabar.
Untuk
melakukan operasi perkalian antara konstanta dengan bentuk aljabar, dapat
dilakukan dengan mudah, yaitu dengan mengalikan konstanta tersebut dengan
konstanta pada bentuk aljabar.
Contoh
:
·
4
× 3x = 12x
·
2
× 4y = 8y
·
2
× (3x + 4y) = (2 × 3x) + ( 2 × 4y ) = 6x + 8y
·
4
× (3x + 4y) - 3 × (2x + y) = (12x + 16 y) - (6x + 3y) = 6x - 13y
b.
Perkalian
antara dua bentuk aljabar.
Seperti
pada perkalian antara konstanta dengan bentuk aljabar, dalam perkalian dua
bentuk aljabar berlaku juga sifat distributif. Untuk suku yang sejenis, jika
variabel dikalikan maka akan menjadi pangkat, sedangkan konstanta dikalikan
seperti biasa. Untuk suku yang tidak sejenis maka variabelnya akan dituliskan
saja, dan konstanta dikalikan seperti biasa.
·
Perkalian
satu suku dengan dua suku
Gb 01. Cara perkalian aljabar satu suku
·
Perkalian
antara dua suku,
Gb 02. Cara perkalian aljabar dua suku
·
Perkalian
antara dua suku dengan tiga suku,
Gb 03. Cara perkalian aljabar tiga suku
Contoh
:
• y × y = y2
• 2y × 4y = 8y2
• 4x × 4y = 16xy
• 2x × 3x = 6x2
• 2x × (3x + 2y) = 6x + 4xy
• (2x + 3) × (x + 4) = 2x2 + 11x + 12
• (4x + 2) × (2x + 3y + 4) = 8x2 +
12xy + 20x + 6y + 8
F.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan
: Saintifik
2. Model
: Discovery Based Learning
3. Metode
: Ceramah, Diskusi Kelompok, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas
G.
Media
Pembelajaran
1. LCD
Proyektor
2. Laptop
H.
Alat
dan Sumber Belajar
Alat dan bahan : Lembar Kerja
Siswa, Spidol, Whiteboard
Sumber belajar :
Anonim. 2014. Materi Matematika SMP
Kelas VII Bentuk Aljabar dan Operasinya. Tersedia pada : https://duniamatematika.com/matematika-smp/materi-matematika-smp-kelas-vii-bentuk-aljabar-dan-operasinya/ (diakses tanggal 19 Mei 2019)
Anonim.
2015. Definisi atau Pengertian Aljabar Matematika Lengkap. Tersedia pada :
http://www.rumusmatematikadasar.com/2015/02/definisi-atau-pengertian-aljabar-matematika-lengkap.html
(diakses tanggal 19 Mei 2019)
Buku Siswa Matematika Kelas VII
(Edisi Revisi 2017)
I.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberi salam dan mengajak siswa berdoa.
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik.
3. Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Orientasi kepada masalah
4.
Guru memberikan contoh soal sederhana mengenai aljabar yang sudah
pernah didapatkan oleh siswa.
Pemberian Acuan
5. Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai oleh siswa.
6. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan
digunakan.
Motivasi
7.
Guru memberikan gambaran tentang penggunaan aljabar dalam kehidupan
sehari-hari.
8.
Guru memberikan gambaran mengenai pentingnya memahami aljabar.
|
15
menit
|
Inti
|
Fase I : Stimulasi
9.
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang heterogen.
10. Guru membagikan Lembar Kerja Siswa
11. Siswa mengamati masalah yang terdapat pada LKS.
Fase II : Pernyataan/identifikasi masalah
12. Guru memberikan waktu bagi siswa untuk
mengidentifikasi permasalahan yang ada pada LKS.
13. Siswa menanyakan masalah yang terdapat pada LKS.
14. Guru memberikan bantuan berkaitan dengan kesulitan
yang dialami siswa.
Fase III : Pengumpulan Data
15. Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk
mengumpulkan berbagai informasi terkait materi aljabar.
16. Guru meminta siswa untuck menghimpun berbagai konsep
yang sudah dipelajari serta memikirkan solusi yang tepat untuk memecahkan
masalah yang ada pada LKS.
Fase IV : Pengolahan Data
17. Guru meminta siswa untuk memahami unsur-unsur
aljabar, penjumlahan, pengurangan serta perkalian bentuk aljabar.
18. Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok
mengolah, mengklarifikasi dan menyelidiki permasalahan yang ada berdasarkan
informasi yang sudah dikumpulkan.
19. Siswa melihat hubungan antara informasi dan
permasalahan yang ada.
Fase V : Pembuktian
20. Guru meminta siswa untuk mendiskusikan cara yang
akan digunakan untuk menemukan solusi dari masalah yang ada pada LKS.
21. Guru meminta siswa untuk menyiapkan laporan hasil
diskusi kelompok.
22. Guru meminta beberapa perwakilan siswa untuk
menyajikan laporan di depan kelas.
23. Kelompok lain menanggapi hasil presentasi
24. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok.
25. Guru bertindak sebagai fasilitator (memandu jalannya
diskusi dan membantu merumuskan jawaban yang benar).
Fase VI : Menarik Kesimpulan
26. Dengan metode tanya jawab, guru mengarahkan siswa
untuk menemukan kesimpulan mengenai materi aljabar.
|
55 menit
|
Penutup
|
27. Siswa diminta untuk menyimpulkan tentang unsu-unsur
aljabar, penjumlahan, pengurangan dan perkalian bentuk aljabar.
28. Guru memberikan tugas rumah yang termuat dalam Buku
Siswa halaman 204 dan 214 sebagai bahan latihan siswa.
29. Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan
mengucapkan salam.
|
10 menit
|
J.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Penilaian
Kompetensi Sikap
Teknik Penilaian : observasi, penilaian diri, dan
penilaian antar teman
Bentuk Instrumen : Lembar Jurnal Penilaian Sikap
2. Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
Teknik Penilaian : tes tertulis
Bentuk Instrumen : uraian
3. Penilaian
Kompetensi Keterampilan
Teknik Penilaian : Kinerja
Bentuk Instrumen : LKS
K.
Instrumen
Penilaian
1. Instrumen
Penilaian Kompetensi Sikap (Lampiran 1)
2. Instrumen
Penilaian Kompetensi Pengetahuan (Lampiran 2)
3. Instrumen Penilaian Kinerja (Lampiran 3)
|
|
Mengetahui,
Dosen Pengampu
I Putu Pasek Suryawan, S.Pd., M.Pd.
NIP. 198806172014041001
|
Mahasiswa,
Ni Putu Diah Purnami Dewi
NIM. 1813011075
|
Lampiran
1A
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk
Umum
1. Instrumen
penilaian sikap ini berupa Lembar Observasi.
2. Instrumen
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap masing-masing siswa.
B.
Petunjuk
Pengisian
Pada kolom
Aspek perilaku yang dinilai, diisi dengan angka sesuai kriteria berikut:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
C. Lembar
Observasi
No
|
Nama
|
Aspek
perilaku yang dinilai
|
Ket.
|
||||
Bekerja
sama
|
Rasa
ingin tahu
|
Disiplin
|
Percaya
diri
|
Kerajinan
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Singaraja, 30 Mei 2019
Mahasiswa,
Ni Putu Diah Purnami Dewi
NIM. 1813011075
Lampiran 1B
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
(LEMBAR
PENILAIAN DIRI)
A.
Petunjuk
Umum
1. Instrumen
penilaian sikap ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2. Instrumen
ini diisi oleh siswa untuk menilai dirinya sendiri.
B.
Petunjuk
Pengisian
Isilah dengan angka 4 – 1 di depan tiap pernyataan:
SL = 4 = selalu
melakukan sesuai pernyataan
SR = 3 = sering
melakukan sesuai pernyataan tetapi kadang tidak melakukan
KD = 2 = kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
TP = 1 = tidak pernah
melakukan
C.
Lembar Penilaian Diri
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
KI 1 sikap spiritual
|
|||||
1
|
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan
|
|
|
|
|
2
|
Saya memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di
depan umum
|
|
|
|
|
3
|
Saya
tidak menyontek pada saat mengerjakan Ulangan
|
|
|
|
|
4
|
Saya
tidak menyalin karya teman saat mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
5
|
Saya
berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
|
|
|
|
|
KI
2 sikap sosial ingin tahu
|
|||||
6
|
Saya
bertanya kepada teman atau guru jika mengalami kesulitan
|
|
|
|
|
7
|
Saya
membaca buku sumber lain untuk menambah pengetahun
|
|
|
|
|
KI 2 sikap sosial tertarik
pada Matematika
|
|||||
8
|
Saya
merasa senang belajar matematika
|
|
|
|
|
9
|
Saya
belajar dengan keras untuk mempelajari topik kubus dan balok
|
|
|
|
|
10
|
Saya
berperan aktif selama pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Kriteria
penilaian:
Rubrik
: status sikap SB = Sangat Baik, jika
34 < jumlah skor < 40
B = Baik,
jika 24 < jumlah skor < 33
C = Cukup,
jika 14 < jumlah skor < 23
K = Kurang,
jika 0 < jumlah skor < 14
Lampiran 1C
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
(LEMBAR
PENILAIAN Antar Teman)
A.
Petunjuk
Umum
1. Instrumen
penilaian sikap ini berupa Lembar Penilaian antar teman.
2. Instrumen
ini diisi oleh siswa untuk menilai temannya sendiri.
B.
Petunjuk
Pengisian
Isilah tanda centang pada kolom pilihan!
Keterangan:
4
= selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering melakukan sesuai pernyataan tapi kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah melakukan
C.
Lembar
Penilaian
Nama
penilai : Tidak
diisi
Nama
siswa yang dinilai :
............................
Kelas/
Mata Pelajaran : VII/Matematika
Tanggal
Mengisi :
……………….....
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peduli terhadap kesulitan teman lain
|
|
|
|
|
2
|
Tekun
(sungguh-sungguh) dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
3
|
Tidak
mudah menyerah dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
4
|
Percaya
diri dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
5
|
Santun
dalam menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Prosedur
Penilaian:
Status
sikap :
Sangat
Baik
jika 15<Jumlah Skor≤20,
Baik
jika 10 < Jumlah Skor ≤ 15,
Cukup
jika 5 < Jumlah Skor ≤ 10,
Kurang
jika 0 < Jumlah Skor ≤ 5.
Lampiran 2A
1.
Kisi-kisi
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk soal
|
Banyak
|
Skor Max
|
Aljabar
|
1. Mengidentifikasi
unsur-unsur bentuk aljabar.
|
Uraian
|
1
|
10
|
|
2. Menyelesaikan
operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
|
Uraian
|
1
|
15
|
|
3. Menyelesaikan operasi perkalian bentuk aljabar
|
Uraian
|
1
|
25
|
|
|
Total skor
|
3
|
50
|
Lampiran 2B
1.
Soal
INSTRUMEN
PENILAIAN PENGETAHUAN
Petunjuk:
1.
Berdoalah
sebelum mengerjakan soal.
2.
Jawablah
pada lembar jawaban yang telah disediakan.
SOAL
1.
Perhatikan
bentuk aljabar berikut!
Uraikanlah unsur-unsur pembentuk aljabar!
2.
Tentukan
hasil dari
!
3.
Tentukan
hasil dari
!
Lampiran 5C
1.
Pedoman Penskoran
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik penilaian
|
Skor
|
1.
|
Pemahaman terhadap konsep Aljabar
|
Dikaitkan dengan konsep Aljabar
|
4
|
Dikaitkan dengan konsep Aljabar tapi belum benar
|
3
|
||
Tidak ada kaitannya dengan konsep Aljabar
|
1
|
||
Tidak ada respon
|
0
|
||
2.
|
Kebenaran jawaban akhir
|
Jawaban benar
|
4
|
Jawaban hampir benar
|
3
|
||
Jawaban salah
|
1
|
||
Tidak di Jawab
|
0
|
||
|
Jumlah Skor
|
Maksimal
|
50
|
2.
Rubrik Penskoran
No
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Perhatikan bentuk aljabar
berikut!
Uraikanlah unsur-unsur
pembentuk aljabar!
|
Variabel :
Konstanta
: 3
Suku :
|
4
2
4
|
2
|
Tentukan hasil dari
|
=
|
10
5
|
3
|
Tentukan hasil dari
|
=
=
=
=
|
10
10
5
|
Jumlah Skor Max
|
50
|
Petunjuk penskoran: Skor Akhir = jumlah
skor yang didapat × 2
Singaraja, 30 Mei 2019
Mahasiswa,
Ni Putu Diah Purnami Dewi
NIM. 1813011075
Blognya keren!
BalasHapus